Senin, 23 Juli 2012

Java Swing

Swing adalah sebuah widget toolkit untuk Java yang merupakan bagian dari Java Foundation Classes (JFC) dari Sun Microsystem. 

Swing adaah sebuah API (Application Programming Interface) yang menyediakan Graphical User Interface (GUI) untuk program Java dan applet.


Swing dikembangkan untuk menyediakan komponen GUI yang lebih canggih dari komponen sebelumnya yang bernama AWT  dan bertujuan untuk mempermudah pengembangan aplikasi JAVA GUI.

AWT dan Swing keduanya menyediakan komponen GUI yang dapat digunakan dalam membuat aplikasi Java dan applet. Namun, tidak seperti beberapa komponen AWT yang menggunakan native code, keseluruhan Swing ditulis menggunakan bahasa pemrograman Java. Swing menyediakan implementasi platform-independent dimana aplikasi yang dikembangkan dengan platform yang berbeda dapat memiliki tampilan look and feel yang sama. Swing API dibangun dari beberapa API yang mengimplementasikan beberapa jenis bagian dari AWT. Kesimpulannya, komponen AWT dapat digunakan dengan komponen Swing.





KOMPONEN SWING


Dalam  ranah  antarmuka  pengguna,  komponen  merupakan  bagian fundamental  di  Java.  Pada  prinsipnya,  segala  sesuatu  yang  kita  lihat  di tampilan aplikasi Java adalah suatu komponen—misalnya window, menu, dan button.
Di  sisi  lain,  container  adalah  jenis  komponen  yang  “menampung”  dan mengelola  komponen-komponen  lainnya.  Idealnya,  suatu  komponen harus diletakkan di sebuah container agar ia dapat digunakan.
Komponen-komponen Swing dapat diklasifikasikan ke dalam tiga bagian, yaitu  top-level  container,  intermediate  container,  dan  komponen  atomic(tunggal).
1.       Container tingkat atas (top-level) berfungsi untuk menyediakan ruang bagi  komponen komponen  lainnya.  Container  jenis  ini  terdiri  dari JFrame, JWindow, JDialog, dan JApplet.
2.       Container  menengah  adalah  komponen  (non         top-level)  yang keberadaannya  untuk  menampung  komponen  lainnya,  misalnya panel, tabbed, dan tool bar. 
3.       Komponen  atomic  berfungsi  untuk  menampilkan  dan/atau  menerima informasi.  Contoh  komponen  atomic  adalah  text  field,  button,  dan label.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar